Senin, 04 Juni 2012 By: ALrasyid

Tanaman puring



Puring (Codiaeum variegatum), puding, atau kroton adalah tanaman hias pekarangan populer berbentuk perdu dengan bentuk dan warna daun yang sangat bervariasi. Beragam kultivar telah dikembangkan dengan variasi warna dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu, serta campurannya. Bentuk daun pun bermacam-macam: memanjang, oval, tepi bergelombang, helainya "terputus-putus", dan sebagainya.
Secara botani, puring adalah kerabat jauh singkong serta kastuba. Ciri yang sama adalah batangnya menghasilkan lateks berwarna putih pekat dan lengket, yang merupakan ciri khas suku Euphorbiaceae

Puring memiliki ribuan varietas yang tersebar di berbagai belahan dunia, khususnya di negara-negara yang menerima sinar matahari banyak, seperti Indonesia, Sri Lanka, Malayasia, Thailand, India, Filipina dan yang lainnya.

 Tidak hanya sebagai tanaman hias, puring juga bermanfaat sebagai anti polutan  atau sebagai penangkal polusi udara, dengan menetralisir radikal bebas yang disebabkan oleh karbon monoksida (CO) yang sekarang semakin memprihatinkan. Dengan demikian apabila di sekitar rumah banyak ditumbuhi puring maka kondisi   udara semakin bagus untuk kesehatan.
Bagi orang-orang tertentu, aura Puring dipercaya  memancarkan  nilai-nilai  positif, sehingga diyakini sebagai pelindung untuk ketentraman dan kesejahteraan dalam rumah tangga. Dengan menaman puring di lingkungan rumah akan memberi kedamaian.
Puring juga menjadi simbol penyerahan manusia kepada Tuhan, sehingga tidak mengherankan jika puring banyak ditanam di kuburan karena menjadi simbol menyerah diri manusia-ketika dia meninggal.
berikut beberapa gambar tanaman puring


  

0 komentar:

Posting Komentar